Mengenal Creeping Charlie, Sri Rejeki, dan Calathea

Oke, untuk hari ini aku mau berbagi info soal bunga daun lagi, yang juga jadi penghuni rumah dan nggak kebetulan aku ternakkan juga hehee

CREEPING CHARLIE

Bunga daun Creeping Charlie yang cantik untuk bunga gantung

Aku ngga ngerti bahasa indonesianya apa, tapi sebutannya gitu, ada yang nyebut daun mint 😠 ngawur aja 😅😅, kan kalo ada yang tiba tiba jadikan minum bisa repot wkwkwkw. Kembali ke crerping charlie. Jadi sidaun satu ini warnanya bright green. Dan emang modelnya menjuntai gitu, batangnya berair. Daunnya kaya uang koin dan memang mirip daun mint ada duri halusnya, tapi daun mint kan oval kaya daun rambutan, kalo creeping charlie bentuknya bulet.
Kalau di rumah sih memang digunakan untuk hiasan gantung, tapi juga dibuat lantai buat nutupin tanah, persebarannya bagus dan kalau untuk nutupi tanah macem rumput hias, warnanya bisa pekat. Bagus banget. Aku tadi coba search harganya untuk bunga gantung sekitar 25k keatas. Kalau mau nanem ngga sulit kok. Tinggal cabut satu batang yang lumayan tua dan tancap ke tanah. Banyak hidupnya heheheh

DAUN SRI REJEKI

Daun Sri Rejeki zebra hijau putih

Nah kalo yang ini sih udah umum ya, dan jenisnya banyak banget. Yang aku foto ini varian putih hijau muda. Nama ilmiahnya Aglonema Cripsum.  Kalo bahasa indonesiannya adalah daun sri rejeki, namun jangan salah, di indonesia ada juga yang di sebut daun sri rejeki namun dari genus nya dieffenbanchia (umum juga di bilang beras kutah). Si sri rejeki ini banyak banget di kembangkan, karena memang bagus sih, pas banget buat hiasan di rumah (indoor) karena terlihat rapi aja, dan kalo di taruh luar ruangan bisa cantik banget juga. Daunnya bisa gede tergantunh media dan luas area tanam. Ternaknya gampang juga, bisa dilakukan dengan mengambil bonggol daun dan di tanam. Tapi awas dengan air dan kelembapannya, karena memang si bunga ini udah banyak mengandung air, kalo terlalu becek bisa busuk. Harga pasarnya sekitar 50 ribu untuk yang biasa, kalo di rawat cantik bisa ratusan ribu.

CALATHEA

Calathea Zebra berwarna hijau tua, putih dan merah tua


Oke, yang terakhir. Namanya Calathea Sp. Yang aku foto ini jenis calathea zebra, kamu bisa lihat sendiri kan memang si calathe ini bergaris garis gini. Varian dari calathea sendiri sangat banyak, pake banget. Iya, banyak banget lho. Nah si calathea sendiri warnanya macam macam, salahsatunya yang aku punya ini didominasi warna hijau tua dan merah tua. Pekat banget ya. Aku sesungguhnya sedikit kesulitan merawat yang satu ini, karena dia harus dapet air dan cahaya yang cukup, lalo lagi kepanasan daunnya akan menggulung, gitu juga kalo kurang air. Dan kalo kebanyakan bisa busuk di awali totol kuning di daunnya. Tapi, kalo udah di tanam di tanah dia akan lumayan tahan banting kok. Ukuran daunnya mengikuti media dan ruang tanam, kalo di tanam dipot dia aakan kecil dan manis banget, kalo di taruh tanah bisa guede. Sesuaikam yang kamu butuhkan deh. Oh iya, kalo di pasar harganya sekitar 20k.

Demikian buat edisi hari ini ya, nantikan untuk tulisan selanjutnya. Oje?

#bungadaun
#bunga
#daun
#calathea
#srirejeki


Comments

Popular posts from this blog

pengalaman mengurus surat keterangan bebas narkoba (SKBN).

Review : Serenade Biru Dinda

Mencari Jurnal di Universitas Brawijaya