Si pabrik bunga : Asoka, Krisan dan Cocor bebek

Kemarin sudah berkenalan dengan bunga daun hias, nah untuk hari ini ganti ke bunga yang sudah familiar banget buat semua orang. Oke?

ASOKA



Iyep, bunga ini namanya asoka, dulu waktu kecil aku suka menyebutnya bunga ujung tombak -entah dengar dari siapa wkwkwk- karena memang bentuk bunganya yang masih kuncup seperti tombak. Kalau sudah mekar bentuknya kaya perisai dengan mahkota bunga sekitar lima. Bunga ini masuk di keluarga Rubiaceae alias soka-sokaan. Warnanya bermacam macam, aku udah pernah nemu warna putih, orange, kuning, sama pink. Bunganya tumbuh bergerombol, apa ya menyebutnya?
Nah, dulu aku taunya dia tumbuh lumayan gede kaya pohon -perdu- , tapi sekarang aku sering nemu yang versi kerdil. Jadi memang pohonnya kecil dan terlihat emang beda jenis, mungkin hasil varasinya ya. Batangnya kayu dan asli keras banget dan ulet. Beberapa waktu lalu aku beli bibit harganya 7k. Eh iya, bunga asoka ini sering buat bunga tabur di kuburan hahaha jadi coba tengok kuburan deket rumah kalo mau cari yang geratisan.

Lanjut ya, yang kedua ini lebih umum lagi. Iya, krisan.

KRISAN


Kayanya, untuk orang bukan penyuka bunga dan tanaman sekalipun tau ya sama bunga krisan. Sekarang sih kalo mau kado udah umum banget pake krisan. Warnanya beragam pake buangeeeeet. Banyak banget, almost all color you want. Baunya aku ngga terlalu suka karena langu. Daunnya hijau tua dan mahkota bunganya banyak. Buat berkembang biak sih naturalnya bisa pake tunas atau biji, namun sayangnya, aku sampe sekarang belum berhasil mengembangbiakkan krisan sampe bisa secantik yang di toko wkwkkwk. Kalo aku yang nanam jadinya panjang gitu tangkainya, dan ga telaten buat membunuh tunas lateral alias tunas ketiak daun, jadi bunganya kacau balau wkwkwk. Pokoknya soal krisan ga perlu di bahas deh, kamu udah pasti tau. Hehehh

Terakhir untuk hari ini, lebih familar lagi, coba cek di tempat sampah kali aja ada. Apa sih? Cocor bebek hehehe

COCOR BEBEK


Yang satu ini, waktu kecil dulu ada dimana mana banget, ga nyangka sekarang bisa di jual, dan banyak juga yang jualn dan baru sadar waktu wisuda kemaren, kalo cocor bebek itu cantik bangey, waktu di kado temen. Variannya banyak juga kok. Warna bunganya juga macem macem banget, putih, kuning, pink, orange, merah, ga tau lagi deh kalo dijadikan objek penelitian dan warnanya ada yang hitam atau biru heheehe. Tumbuhnya pake tunas daun ya. Si cocor bebek ini mengandung banyak air dan barangkali hampir 100% nya air sih. Makanya dia ngga suka tempat yang terlalu basah, bisa busuk. Ngembanginnya lumayan mudah sih, bisa dari daunnya karena emang tunas daun (aku udah bilang kan?) Atau dari tunas, atau akar dan lain lainnya.

Nah, sekian buat hari ini. Kalian pasti udah tau banget, karena ketiga bunga ini akrab banget sama kita. Semoga bermanfaat ya

Comments

Popular posts from this blog

pengalaman mengurus surat keterangan bebas narkoba (SKBN).

Review : Serenade Biru Dinda

Mencari Jurnal di Universitas Brawijaya